Rabu, 20 Oktober 2010

MENANGIS ITU SEHAT

Pernah menahan tangis karena takut dinggap cengeng atau lemah ?Hmm, mulai sekarang coba deh untuk membuang jauh pikiran seperti itu.Faktanya ketika kita menangis karena faktor emosial ,misalnya sedih ,stres ,depresi ,nggak hanya ampuh untuk mengobati perasaan ,tapo bisa bikin tubuh sehat.

MENJINAKKAN HORMON STRESS
Banyak orang , bisa jadi kita sendiri ,mengakui bahwa setelah kita menangis bikin kita lebih lega dari pada sebelumnya .Perasaan ini berasal dari hormon stress yang keluar lewat air mata kita . Dr.William Frey dari Ramsey medical center ,Minneapolis menemukan ,saat menangis kita mengeluarkan air mata yang mengandung sejumlah hormon stress.
Hormon ini punya efek buruk untuk sistem tubuh kita.Salah satunya mempengaruhi sel otak dan efeknya membuat mood jadi kacau. Menangis juga memancing produksi hormon endorphine ,yang bertugas sebagai pain-killer alami ,sekaligus hormon yang membuat perasaan senang.Sehingga menangis sama saja dengan membuang hormon stress dan menggantinya dengan hormo endophrine yang menenangkan.

MENGOBATI LUKA HATI

Penyebab menangis secara umum biasanya dipicu oleh masalah perasaan atau emosi. Misalnya, gara-gara pacar kita selingkuh atau sobat berhkianat. Kalau sudah begini ,rasanya menangis di kamar sendirian ampuh banget untuk menumpahkan kekesalan sampai puas
Dari segi psikologis,menangis itu salah satu bentuk relaksasi. Karena aktivitas ini sebenarnya perlu tenaga.Perhatikan setelah kita menangis ,rasanya badan lelah dan kita ingin sitirahat .Reaksi tubuh tersebut menunjukkan pengaruh relaksasi dari menangis. Makanya setelah bangn tidur,pikiran jadi lebih tenang.

  • Menangis juga bisa menghalangi sikap agresif ,Menurut Oren Hasson ilmuwan dari Universitas Tel aviv ,Israel,saat menangis ,sebenarnya kita sedang menurukan sistem pertahanan kita.
  • Dalam hubungan persahabatan ,ikut menangis karena empati juga bisa menambah kualitas pertemanan kita.Soalnya menagis memunculkan sikap slidaritas kita ,alhasil akan muncul sikap menghargai dan kedekatan yang dalam dengan sobat.
  • Ada seubuah penelitian menarik kalau menangis karena emosi ,bisa menambah daya kekebalan tubuh kita.Penelitian dari Nippon Medical School di Jepang menemukan penderita asam urat yang menangis dan menitikkan air mata ,umumnya membaik secara medis lebih cepat kurang lebih satu tahun dibandingkan yang tidak .

(Majalah GADIS No:26 1-11 Oktober 2010,halaman 101)

1 komentar: